Wisata Religi ke Masjid Gedhe Mataram, Yogyakarta.

Posted by on June 14, 2018

Yogyakarta adalah daerah pusat kebudayaan, tradisi budaya masih sangat banyak ditemukan di daerah ini. Perjalanan panjang sejarah Yogyakarta berdampak pada keragaman dan kekayaan budayanya. Wisata budaya dan religi di Yogyakarta sangat banyak dan beragam, karena kontak budaya dengan budaya luar sangat banyak terjadi.

Ada salah satu wisata religi andalan di Yogyakarta, yaitu Masjid Gedhe Mataram. Letaknya di daerah Kotagede, Sentra Kerajinan Perak. Beda dengan masjid pada umumnya, tempat ibadah ini merupakan salah satu masjid tertua di kawasan Yogyakarta. Pembangunannya dimulai pada tahun 1640 lalu dan sudah ratusan tahun digunakan oleh warga Kesultanan Mataram.

Sanggar seni di kompleks masjid.

Tulisan ini akan membahas soal Masjid Gedhe Mataram dan kompleksnya sebagai tempat wisata religi yang menarik untuk dijelajahi. Wisata religi bisa menjadi pilihan untuk dijelajahi, karena pengalaman budaya yang ditawarkan sangat berbeda dengan jenis wisata biasanya. Masjid Gedhe Mataram memiliki banyak ciri khas, salah satunya adalah sisi arsitektur. Bangunan masjid ini merupakan perpaduan antara arsitektur Jawa, Hindu, budaya lain, sehingga memunculkan sisi menarik dari masjid.

Bersejarah, Unik, dan Penuh Nilai Toleransi.

Hari Sabtu, 9 November 2019, saya berkunjung ke daerah Kotagede. Letaknya sekitar 5 sampai 6 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Jalanan ukuran sedang dan perumahan klasik tempo dulu adalah ciri khas Kotagede. Sebagai sebuah daerah wisata dan pemukiman klasik, maka kawasan ini cocok sekali dikunjungi untuk berkeliling sambil mempelajari budayanya.

Memasuki kawasan Masjid Gedhe, suasananya langsung berbeda jauh. Bangunan bercorak budaya Hindu dan Jawa Kuno menyambut kita. Bangunan tersebut nampak seperti benteng kokoh era kerajaan-kerajaan Hindu dan Budha. Kebetulan, siang itu sedang ada pelatihan karawitan Jawa untuk anak-anak di sanggar seni dekat masjid. Suara gamelan menemani penjelajahan ke Masjid Gedhe

Unsur arsitektur Hindu di kompleks masjid.

Mungkin, kesan berbeda tentang masjid ini disebabkan oleh arsitekturnya. Ciri khas budaya Hindu masih tampak jelas mempengaruhi bangunan masjid. Mulai dari gapura yang menyerupai arsitektur pura sampai tata bangunan masjid. Bangunan inti masjid merupakan bangunan Jawa berbentuk limasan, mirip sekali dengan joglo. Cirinya dapat dilihat pada atap yang berbentuk limas dan ruangan yang terbagi dua, yaitu inti dan serambi. Berbeda sekali dengan masjid-masjid pada umumnya, yang dipengaruhi gaya arsitektur Timur Tengah.

Justru akulturasi budaya di Mataram bisa kita amati melalui bangunan masjid adalah hal menariknya. Kita bisa mengelilingi sudut-sudut masjid untuk mempelajari kontak budaya dan nilai luhur yang terkandung dalam seni bangunan. Kumpulan informasi yang saya tulis pun didapat dari obrolan dengan warga sekitar dalam kompleks masjid. Jadi, kita juga bisa melakukan obrol santai agar mengetahui tradisi budaya di daerah selain mengagumi arsitektur indah dari masjid, .

Beberapa hal yang harus diperhatikan jika kalian ingin wisata religi ke Masjid Gedhe Mataram.

Yang pertama, karena Masjid Gedhe Mataram adalah tempat ibadah, maka wisatawan harus menjaga etika berpakaian kita. Berpakaian sesuai dengan norma masyarakat lokal, jangan terlalu terbuka. Yang kedua, menjaga etika berbicara, karena tempat ibadah adalah tempat sakral bagi masyarakat lokal. Etika berbicara yang sopan, lembut, dan tidak mengganggu warga sekitar adalah hal yang harus diperhatikan wisatawan. Karena jika kita pergi dengan rombongan besar atau bersama teman teman, terkadang kita sulit mengondisikan etika berbicara.

Masjid Gedhe Mataram.

Yang terakhir, masjid ini pun masih digunakan sebagai sarana ibadah bagi warganya. Jadi, kita harus benar-benar menghomati kegiatan ibadah warga. Jika kita berwisata bertepatan dengan waktu ibadah, maka ada area-area yang tidak boleh dimasuki. Maka, akan lebih baik jika kita didampingi warga lokal untuk mengelilingi masjid. Jika waktunya bertepatan dengan waktu ibadah pun tetap bisa dikunjungi. Tertarik mengunjungi masjid dengan keunikan bangunan dan nilai toleransi ini? Yuk jelajahi Masjid Gedhe Mataram!

Share!

CLOSE [x]