Telisik Manggar, Kota 1001 Warung Kopi di Pulau Laskar Pelangi

Posted by on March 19, 2017
Kopi Susu Khas Belitung.

Hi travelovers! Mendengar pulau Belitung pastinya sudah kebayang khan gugusan batuan besar dengan warna laut yang bening banget? Udah kebayang juga kan untuk melakukan island hopping di berbagai pulau kecil di Belitung yang tentunya sangat potensial?

Selain bisa menelusuri cantiknya pantai-pantai Belitung dan juga mencicipi aneka kulinernya yang kaya rasa, kali ini saya ajak travelovers ke salah satu kota di Belitung yang gak jauh menarik dari panorama-panorama indah di Belitung. Ada hal yang menarik di salah satu kawasan di Pulau Belitung ini.

Mau kemana sih?

Saya akan bawa travelovers pergi sejauh kurang lebih 90 kilometer dari Kota Tanjung Pandan. Nama tempatnya adalah Manggar. Manggar sendiri merupakan kota kecil di Pulau Belitung yang memang enggak se terkenal kota-kota lainnya dan merupakan ibukota dari Belitung Timur. Tapi jangan salah, karena ada sejarah menarik di Kota Manggar ini.

Tugu Manggar 1001 Warung Kopi.

Kota Manggar menjadi spesial karena landmark dan julukannya sebagai Kota 1001 Warung Kopi. Mendengar julukannya saja saya udah sangat tertarik buat berkunjung. Terang saja, ketika mengunjunginya ternyata memang berderet aneka warung kopi disertai muda mudi maupun lintas usia yang sedang mengopi bersama. Kenapa Manggar dijuluki demikian? Karena pada tahun 2011 silam Manggar menyelenggarakan festival minum kopi susu terbesar, saat itu diikuti oleh 15.000 orang peserta dan akhirnya di dicatatat oleh MURI menjadi Kota 1001 Warung Kopi.

Menarik bukan? Sejak saat itu juga Manggar semakin ikonik dengan julukan tersebut karena adanya Tugu Manggar 1001 Warung Kopi di pusat kota Manggar. Ketika berkunjung kemari, jangan lupa untuk berswafoto di tugu ini ya!

Travelovers yang penasaran akan serunya ngopi di Kota 1001 Warung Kopi ini wajib banget coba kopi susu nya. Salah satu Warung Kopi yang legendaris di Kota Manggar adalah Kopi Atet yang sudah eksis sejak 1949.  Selain murah meriah (kisaran 5000 rupiah sampai 7000 rupiah), saya mendapat esensi “ngopi” beneran disini. Karena orang Bangka Belitung memang sangat ramah, ketika kita kongkow di salah satu warung kopi, siapapun yang berada di meja kita akan turut mengobrol hangat sembari menyeruput lezatnya kopi Belitung.

Pantai Serdang.

Selain enak untuk kongkow dan mendekat dengan warga lokalnya, Manggar juga punya beberapa tempat potensial seperti Pantai Batu Buyong, Pantai Nyiur Melambai, serta Pantai Serdang. Memang sih, tidak se-eksotis pantai-pantai lain di Belitung dengan khas batuan-batuan besar seperti di film laskar pelangi. Tapi, tetap memesona kok. Karena kebanyakan pantai di Manggar ini memiliki panorama jajaran kapal warna-warni di tepian pantainya.

Salah satu pantai yang saya kunjungi adalah Pantai Serdang yang mana juga merupakan salah satu lokasi pembuatan kapal di Manggar sehingga kita menemukan jajaran kapal warna-warni dan bisa sekaligus melihat cara pembuatannya. Menarik bukan?

Setelah travelovers puas dengan buaian panorama elok pantai sekitar Manggar dan kopi susu legitnya, saatnya kulineran di sekitar pantainya! Banyak aneka olahan seafood yang bisa travelovers jajal di area pantai-pantai Manggar. Tidak butuh waktu yang banyak untuk berkeliling kota kecil ini, ketika sudah puas berpelesir travelovers bisa sekalian berburu oleh-oleh batu akik loh! Karena Manggar ini salah satu kota surganya batu akik.

Nah, itu tadi berbagai keistimewaan Kota Manggar yang jarang terekspos oleh traveler kebanyakan. Jangan lupa sertakan Manggar dalam wishlist-mu ketika ke Belitung ya, travelovers!

Share!

CLOSE [x]