Mengenal Flora dan Menghirup Udara Segar di Kebun Raya Cibodas, Cianjur

Posted by on March 30, 2019
Kolam yang berada di pusat kawasan Kebun Raya Cibodas.

Kali ini aku sedang mencari udara segar dan suasana yang tenang di Kebun Raya Cibodas, nama tempat ini mungkin masih terdengar sedikit asing bila dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor yang lokasinya berdekatan dengan istana membuat namanya lebih dikenal dan saat ini sering digunakan oleh Presiden. Namun, keindahan dan suasana alam dari Kebun Raya Cibodas tidak kalah dengan Kebun Raya Bogor. Berlokasi di Kabupaten Cianjur, Kebun Raya Cibodas memiliki pesona keindahannya tersendiri.

Bangunan Konservatori Kebun Raya Cibodas.

Kebun Raya Cibodas berada di area Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian kurang lebih 1300 – 1425 meter di atas permukaan laut. Area Kebun Raya Cibodas berada sekitar 85 hektar dan temperatur rata-rata di kawasan ini adalah 20°C. Hal tersebut membuat suasana di area Kebun Raya Cibodas sangat sejuk dan nyaman. Seorang ahli fisiologi tumbuhan, Dr. F.W. Went menggambarkan keindahan Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu surga dunia. Bahkan ada yang menjulukinya sebagai Taman Firdaus di Asia.

Menurut beberapa sumber, Kebun Raya Cibodas didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann, seorang ahli Botani Belanda, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor yang berlokasi di kaki Gunung Gede. Awalnya beliau membuka kebun raya ini untuk perkebunan kina. Tapi Ternyata tanah Cibodas tidak cocok untuk pohon kina. Dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat Celsius, akhirnya kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

Kolam yang berada di pusat kawasan Kebun Raya Cibodas.

Kebun Raya Cibodas termasuk ke dalam Botanical Garden, ada banyak koleksi pepohonan dengan berbagai macam jenis serta varietasnya. Terdapat 1206 jenis tanaman yang hidup di sini. Di dalam area Kebun Raya Cibodas juga terdapat rumah kaca di mana kita bisa melihat beragam jenis kaktus, anggrek dan tanaman langka yang beraneka ragam.  Selain rumah kaca, terdapat Air Terjun Cibodas yang menjadi salah satu tempat paling banyak dikunjungi saat berada di Kebun Raya Cibodas.

Selain menjadi tempat wisata, kebun raya ini juga memiliki fungsi khusus yang sangat vital di antaranya:

  • Sebagai pusat pelayanan, inventarisasi, eksplorasi, konservasi dan reintroduksi jenis tumbuhan dataran tinggi basah khususnya kawasan barat Indonesia yang memiliki nilai ilmu pengetahuan dan potensi ekonomi, pengembangan dan pendokumentasian biodata jenis tumbuhan koleksi yang berkaitan dengan konservasi.
  • Pemberian pelayanan jasa ilmiah, pemasyarakatan ilmu pengetahuan dalam bidang konservasi tumbuhan dan introduksi tumbuhan.

Jadi pada dasarnya lokasi ini bukan hanya sekedar tempat wisata biasa. Di sini juga merupakan tempat penelitian berbagai tumbuhan yang memiliki nilai ilmu pengetahuan dan bernilai ekonomi.

Taman Obat, salah satu taman di Kebun Raya Cibodas

Untuk dapat berkunjung ke Kebun Raya Cibodas, kita harus menempuh perjalanan sekitar 85 km dari Jakarta. Atau sekitar 2 jam perjalanan dalam kondisi lancar melalui jalan raya Bogor-Puncak-Cianjur sampai ke persimpangan Cimacan. Dari persimpangan Cimacan kita tinggal belok kearah Kebun Raya Cibodas yang jaraknya kurang lebih 4 km.

Berbagai fasilitas tersedia di kawasan Cibodas, mulai dari lapangan parkir yang luas untuk menampung puluhan kendaraan roda empat maupun bus, ruang informasi yang dilengkapi dokumentasi Wana Wisata Cibodas, areal bermain anak-anak, mushola, MCK umum, shelter, pendopo, teater alam terbuka, dan tempat berkemah seluas 3 hektar yang dapat menampung 200 tenda.

Air Terjun di Area Kebun Raya Cibodas.

Jika kelelahan berjalan kaki mengitari kawasan Kebun Raya yang cukup luas terdapat fasilitas bus yang diberi nama Wara Wiri. Untuk menggunakan fasilitas ini kita dikenakan tiket sebesar Rp 10.000/orang untuk satu kali putaran. Tiket masuk Kebun Raya Cibodas yang berlaku saat ini adalah Rp 16.500/orang dan biaya parkir kendaraan roda dua Rp 5.000, kendaraan roda empat Rp 16.000. Tempat yang sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga, menikmati keindahan alam, kesejukan udara dan menambah pengetahuan tentang dunia flora di Indonesia.

Selamat Berwisata!

Share!

CLOSE [x]